Menjaga Kinerja PC/Laptop

| komentar

Dalam penggunaan PC/laptop, seringkali kita sebagai user lupa atau bahkan malas memerhatikan kondisi perangkat tersebut. Padahal kondisi PC/laptop sangat mempengaruhi kinerja perangkat tersebut. Apabila kita kurang memerhatikan kondisinya, maka pemakaian kedepannya akan muncul berbagai kendala, seperti sering nge-hang, lemot dan bahkan terkena virus.

Berikut sekelumit tips agar PC/laptop tetap dalam kondisi prima:
Bersihkan file-file di Recycle Bin karena file yang tersimpan di Recycle Bin belum seluruhnya terhapus sempurna dan menjadi beban kapasitas hardisk di drive C. Namun, diperlukan seleksi file-file yang benar-benar akan dihapus. Jangan sampai file-file penting juga ikut terhapus.

Jalankan Disk Cleanup untuk membersihkan unnecessary files seperti temporary internet files, file di Recycle Bin, temporary files dan compress old files. Silakan pilih file yang akan dihapus. Umumnya, file yang ditandai yaitu temporary dan compress old files.
START > Program File/All Program > Accessories > System Tools > Disk Cleanup
lalu pilih drive yang ingin dibersihkan

Secara rutin melakukan defragmentasi (disk defragmenter), tergantung dari banyaknya file yang tersimpan. Defragmentasi berguna untuk mengatur kembali sistem file agar tidak berat pada saat membuka file atau aplikasi.
START > Program File/All Program > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter
lalu pilih drive yang ingin di defrag

Uninstall aplikasi yang tidak terpakai. Hapus bersih aplikasi yang di-uninstall tersebut sampai dengan file-file yang berada di program file dengan cara manual atau dengan menggunakan program aplikasi uninstaler yang otomatis menghapus sampai akarnya.

Menginstall antivirus dan diusahakan selalu update. Keberadaan antivirus sangat vital dan wajib diinstall karena berguna untuk memproteksi software dari virus dan sejenisnya.

Menggunakan aplikasi utilities system yang secara otomatis melakukan operasi untuk menjaga kondisi PC/laptop dalam keadaan baik.

Semoga bermanfaat~
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ♥ cebepe ♥ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger